Albert Einstein: Pembuka Tabir Alam Semesta

0

"Tuhan tidak bermain dadu dengan alam dan semua keajaiban sains membuktikan sifat dunia ini"

Albert Einstein (1879-1955)


Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, Kerajaan Württemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman). Dia adalah putra tertua dari Hermann Einstein dan Pauline Koch. Ayahnya bekerja sebagai pembuat kasur pegas. Pada tahun 1980 bisnis ayahnya gagal. Keluarga Einstein pindah ke Munich. Di kota inilah Hermann dan adiknya mendirikan perusahaan instalasi gas dan air.


Sebagai seorang pemuda, Albert Einstein tampak terbelakang karena dia sangat terlambat berbicara. Karakternya pendiam dan suka bermain sendiri. Pada November 1981 adik perempuannya bernama Maja lahir. Hingga usianya tujuh tahun, Albert Einstein ingin marah dan melempar barang, termasuk pada adik laki-lakinya.


Minat dan kecintaannya pada fisika lahir pada usia lima tahun. Saat dia terbaring lemah karena sakit, ayahnya memberinya sebuah kompas. Terpesona oleh keajaiban kompas, Albert kecil memutuskan untuk membuka tabir misteri yang menutupi keagungan dan keagungan alam.


Meskipun Albert Einstein pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, dia tetap berprestasi di sekolah. Rapornya bagus dan dia juara kelas. Selain sekolah dan belajar sains, satu-satunya hobi Albert adalah membuat musik dan bernyanyi duet dengan ibunya, serta memainkan karya Mozart dan Beethoven.


Albert menghabiskan masa kuliahnya di ETH (Swiss Federal Institute of Technology). Albert dinyatakan meninggal pada usia 21 tahun. Setelah lulus, Albert mencoba melamar posisi asisten pengajar namun ditolak. Akhirnya, Albert mendapat pekerjaan paruh waktu sebagai guru di sebuah SMA. Kemudian dia mendapat posisi di kantor paten kota Bern. Selama ini, Albert terus mengembangkan fisika.


Tahun 1905 merupakan tahun kesuksesan bagi Albert karena ia menghasilkan karya-karya yang sangat baik pada tahun itu. Karya-karya berikut ini:


Maret:

Sebuah makalah tentang penerapan kesetaraan pada peristiwa radiatif, makalah ini merupakan pengantar hipotesis kuantum cahaya berdasarkan statistik Boltzmann. Penjelasan tentang efek fotolistrik dalam karya ini membuatnya memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1922.

April:

Disertasinya tentang penentuan baru ukuran molekul. Einstein menerima gelar doktor dari Universitas Zurich.

Mei:

Karya tersebut berkaitan dengan gerak Brown.

Juni:

Annalen der Physik menerbitkan artikelnya yang terkenal tentang relativitas khusus dengan judul On the Electrodynamics of the Body oleh Kérper. 

September:

Kelanjutan dari apa yang dia tulis pada bulan Juni, yang diakhiri dengan formulanya yang terkenal: E = mc2, yaitu H. massa (m) benda adalah ukuran kandungan energinya (E). c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa (c >> 300.000 kilometer per detik). Massa sejajar dengan energi, membuka kemungkinan pengembangan proyek energi nuklir di masa depan. Satu gram massa setara dengan energi yang cukup untuk memberi daya pada 3.000 rumah (daya 900 watt) selama satu tahun penuh, yang merupakan jumlah energi yang sangat besar.


Pada tahun 1909 Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Pada tahun 1915 ia menyelesaikan teori relativitas keduanya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil adalah memenangkan Hadiah Nobel Fisika tahun 1921. Selain itu, Albert juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan terpadu.


Pada tahun 1933 Albert pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya karena takut kegiatan ilmiahnya - baik sebagai guru maupun sebagai peneliti - akan terganggu. Pada tahun 1941 ia dilantik sebagai warga negara Amerika. Albert ditawari menjadi Presiden kedua Israel karena reputasi dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang membutuhkan. Namun, ia menolak posisi tersebut karena merasa tidak mumpuni di bidang tersebut. Akhirnya, pada tanggal 18 April 1955, Albert Einstein meninggal dunia, meninggalkan sebuah karya besar yang mengubah sejarah dunia.


Meskipun demikian, Albert menangis getir di dalam hatinya karena karya besarnya - teori relativitas umum dan khusus - menjadi inspirasi bagi penciptaan bom atom. Bom inilah yang dilemparkan ke kota Hiroshima dan Nagasaki selama Perang Dunia Kedua.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)