About Me

header ads

Melalui Zoom Meeting, Guru Fisika Indonesia Dikenalkan Lab Virtual dari Jerman


Bogor (MGMP Fisika MA DIY) – Masa pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan di Indonesia namun sudah meluas di seluruh dunia. Dampak pandemi menyebabkan hampir seluruh dinamika kehidupan beralih ke penggunaan media online, dunia dipercepat dengan digitalisasi global. Dunia pendidikan juga sangat berpengaruh dalam menghadapi merebaknya Corona dengan pelaksanaan pembelajaran online bahkan dikembangkan dengan sistem virtual. Tidak hanya proses pembelajaran saja, metode virtual juga sudah dilakukan pada pelaksanaan praktikum atau yang disebut sebagai Lab Virtual.

Untuk mengenalkan para guru Fisika dalam penggunaan Lab Virtual maka pada Selasa (30/3/2021) Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Agama Republik Indonesia melalui forum Workshop Nasional Guru Fisika mengundang ahli Lab Virtual dari Jerman melalui media zoom meeting. Penghubung zoom meeting dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Supriyadi, M.Pd. dan Direktur Project Dinamika Cendekia Dr. Indra Afrizal menghubungkan 50 peserta workshop dengan Lab Virtual Jerman disampaikan Mrs. Amine Gundogan.

Dalam acara temu online tersebut peserta dijelaskan dan ditunjukkan peragaan lab virtual dan sempat diadakan dialog Indonesia-Jerman. Salah satu peserta workshop yaitu Ketua MGMP Fisika MA DIY Edy Purwanto, S.Pd, M.Pd.Si berkomentar senang mendapatkan ilmu dari Jerman sebuah negara yang dikenal memiliki basic teknologi yang canggih. “Kami merasa bersyukur mendapatkan kesempatan untuk berdialog dengan ahli dari Jerman untuk kegiatan praktikum Fisika. Cara ini saya nilai sangat tepat untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Fisika di madrasah aliyah,” tuturnya. (edp)

Posting Komentar

0 Komentar