About Me

header ads

Di Forum Workshop Nasional, Direktur GTK Kemenag Perintahkan Guru Mengajar dengan Cinta


Bogor (MGMP Fisika MA DIY) – Bidang pendidikan di Indonesia memerlukan sentuhan tangan khususnya dari para guru untuk memberikan warna dinamika edukasi kepada anak-anak bangsa. Berbagai cara terus dilakukan untuk menyajikan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar para siswa merasa nyaman belajar dalam rangka meraih cita-citanya. Apalagi di masa pandemi Covid-19, diperlukan kesabaran dan ketelatenan insan pendidik dalam merangkul peserta didik memahami dan menghayati ilmu yang diajarkan. Salah satu cara yang tepat untuk kegiatan pembelajaran adalah guru harus mengajar dengan cinta.

Demikian disampaikan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat GTK Kementerian Agama Republik Indonesia Dr. H. Muhammad Zain, M.Ag. pada Selasa (30/03/2021) di hadapan forum workshop kompetensi guru Fisika MA se Indonesia yang berlangsung di meeting room Hotel Salak Heritage Bogor Jawa Barat. Di hadapan 50 peserta workshop, orang nomor satu di Direktorat GTK tersebut memberikan gambaran bahwa permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia ini adalah belum adanya tokoh militan untuk memberikan solusi hebat.

Untuk itu Direktur Zain meminta agar para guru berkolaborasi dengan membentuk super tim sesuai dengan situasi dan kondisi yang memasuki era kolaboratif. Salah satu strategi yang disampaikan oleh Programme for International Student Assesment (PISA) adalah para guru diminta bergabung dalam sebuah virtual teaching. Fisika sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit harus mempunyai program pendekatan pembelajaran dari para gurunya. “Lakukan pembelajaran dengan rasa senang, berikan kemampuan mengajar guru dengan rasa cinta,” tuturnya. (edp)

Posting Komentar

0 Komentar