About Me

header ads

Ketua MGMP Fisika MA DIY Terpilih Sebagai Ketua Forum Komunikasi Nasional



Bogor (MGMP Fisika MA DIY) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan sebuah organisasi atau komunitas para guru yang mempunyai bidang keilmuan sama bertujuan untuk mengembangkan profesionalitasnya sebagai pendidik. Dalam forum ilmiah ini diprogramkan berbagai kegiatan yang diarahkan untuk mengembangkan diri serta pemenuhan kompetensi. Untuk mengkoordinir para guru tersebut diperlukan seorang pimpinan atau Ketua MGMP yang akan memimpin organisasi secara sistematis dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat nasional.

MGMP Fisika Madrasah Aliyah yang berkembang di setiap kabupaten/kota se Indonesia juga memerlukan organisasi di tingkat provinsi sampai nasional. Keberadaan musyawarah guru di tingkat nasional yang belum ada disikapi oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk memberikan perintah diadakan. Perintah tersebut disampaikan oleh Direktur GTK Kemenag RI Dr. H. Muhammad Zain, M.Ag. dan diperkuat Kasubdit Bina GTK MA/MAK Sidik Sisdiyanto dalam forum workshop kompetensi guru Fisika MA/MAK tingkat nasional pada Selasa (30/3/2021) di Bogor. Mensikapi hal itu forum mempercayakan 3 tim formatur untuk menindaklanjuti masing-masing instruktur nasional yaitu :

  1. Drs. Nuryanto dari MAN IC Serpong, 
  2. Edy Purwanto, S.Pd, M.Pd.Si. dari MAN 2 Bantul DIY
  3. Drs. Gugun Gunadi, M.PFis dari MAN 1 Kota Bogor. 
Dengan musyawarah yang melibatkan 50 guru Fisika perwakilan seluruh provinsi di Indonesia diputuskan Pengurus Forum Komunikasi MGMP Fisika MA/MAK Nasional sebagai berikut:

  1. Ketua : Edy Purwanto 
  2. Wakil Ketua: Gugun Gunadi, 
  3. Sekretaris :Asep Lilik 
  4. Bendahara: Taofik Risnawan.

Mengomentari terpilihnya wakil dari DIY tersebut Edy mengaku sedikit terkejut karena dilihat dari senioritasnya Edy masih berada di bawah calon lain. “Dengan disepakati kriteria bahwa Ketua yang terpilih adalah yang mampu memimpin MGMP di daerahnya menjadi aktif dan berhasil dalam mendapatkan blockgrant menjadikan saya terpilih sebagai Ketua Forum Nasional dalam musyawarah teman-teman guru se Indonesia,”terang Edy. Direncanakan kegiatan awal yang akan dilakukan di waktu dekat adalah pengukuhan melalui Webinar Nasional. (edp)


Posting Komentar

0 Komentar