Buku Pembelajaran Berbasis Inquery Based Learning dalam Pendidikan Fisika

0




Kemajuan suatu bangsa atau negara sangat ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, pendidikan merupakan sarana strategis. Pendidikan abad 21 harus menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang dituntut dan diinginkan. Kerangka pendidikan abad 21, merujuk pada Trilling dan Fadel (2009) dalam bukunya yang berjudul 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, terdapat beberapa kompetensi dan/atau keahlian yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia abad 21. Secara umum keterampilan abad 21 terbagi kepada tiga keterampilan, yaitu Learning and Innovation Skills (Keterampilan Belajar dan Berinovasi), Information, Media, and Technology Skills (Keterampilan Teknologi dan Media Informasi) dan Life and Career Skills (Keterampilan Hidup dan Berkarir)serta penguatan Pelajar Pancasila. Untuk menjawab dan membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang dituntut di atas, IBL menjadi alternatif solusi digunakan dalam pembelajaran.Tujuan penulisan buku ini, Anda dapat mempelajari apa, mengapa, dan bagaimana IBL dapat digunakan dalam pendidikan Fisika dalam rangka menyongsong penerapan kurikulum Merdeka.

Karakteristik pembelajaran berbasis inkuri menunjukkan performa peserta didik sebagai berikut: Peserta didik menggunakan penalaran induktif untuk menghasilkan konsep/prinsip/ hubungan  berdasarkan  pengamatan  langsung  dan/atau  penggunaan  data  yang diberikan oleh guru. Peserta  didik  menggunakan  penalaran  induktif  untuk  menghubungkan   variabel bebas  dan  terikat   untuk  menetapkan  hukum  empiris  berdasarkan  bukti  yang dikumpulkan dari eksperimen. Peserta  didik  menggunakan  penalaran  deduktif  untuk  membuat  prediksi  spesifik berdasarkan prinsip umum atau hukum. Peserta           didik    membuat         keputusan, memberikan penjelasan dan/atau mempertahankan kesimpulan berdasarkan bukti. Peserta   didik   mengembangkan   dan   menguji   hipotesis   yang   berfungsi   sebagai penjelasan  tentatif  untuk  fenomena  dan  panduan  untuk  pengamatan  lebih  lanjut dan/ atau eksperimen.


Buku yang ditulis oleh Irwan Yusuf, M.Sc. Guru Fisika MA Mu'alimin Yogyakarta ini layak untuk Anda miliki sebagai referensi dalam pembelajaran fisika. 

Buku lainya bisa dilihat di: Buku STEM


Berikut profil pengarang buku:

Irwan Yusuf, M.Sc. lahir di desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Sragen, Jawa Tengah pada tanggal 3 Januari 1969. Tahun 1988 beliau lulus dari SMA PGRI 1 Sragen, melanjutkan kuliah DII, lanjut Dili dan akhirnya memperoleh gelar pendidikan strata satu (S1) pada Jurusan Pendidikan w Fisika IKIP Yogyakarta (sekarang UNY) pada tahun 1995. Pada tahun 2007 mendapatkan beasiswa kuliah S2 dan DEPAG dan menyelesaian S2 jurusan fisika eksperimen FMIPA UGM bidang minat fis ka eksperimen tahun 2009. 

Aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di dunia pendidikan dan terjun mengajarkan fisika semenjak tahun 1990 dengan NIP 196901031995121002/IVc, memberikan pengalaman dan semangat yang tinggi di bidang pengajaran fisika. Selain itu juga semenjak kuliah beliau aktif dalam pembelajaran fisika seperti seminar, pelatihan nasional, tutor fisika, ASESOR: Program Guru Penggerak, Penilai PAK DIY, Instruktur Nasional: IN Kurikulum 13, IN Guru Pembelajar, IN Calon Penilar PAK, IN IBL, IN UASBN, IN soal HOTS, IN STEM, IN PKP. Juri Lomba Guru Berprestasi dan Karya Hmiah, Tim Perulai PAK DIY, Tim Penilai Calon Guru Penggerak dan di dunia penulisan artikel majalah, Jurnal serta Penul s Buku Fisika. Behau meraih penghargaan sebagai juara 2 Lomba Penulisan Buku Fisika SMA/MA berbasis Agama tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh DEPAG Pusat RI 2007, Juara 3 Alat Peraga Tk kota Yogyakarta 2008, Juara Harapan I Kreativitas Sains Tk Nasional tahun 2009, Juara 2 Guru Berprestasi Tk Kota Yogyakarta Th 2012, Juara 2 Guru Berprestasi Tk Propinsi DiY Th 2012, Juara 1 OSN FISIKA Guru Tk Kota Yogyakarta 2013, Juara 1 Guru Berprestasi Tk Kota Yogyakarta 2014, Juara 1 OSN FISIKA Guru Tk Kota Yogyakarta Tahun 2014, Juara 1 Guru Berprestasi Tk Propinsi DIY Th 2014, Finalis Guru Berprestasi Tk Nasional 2014, Juara 1 OSN FISIKA Guru Tk Kota Yogyakarta Th 2015, Juara 1OSN FISIKA Guru Tk Kota Yogyakarta Th 2016 dan Finalis OGN FISIKA tahun 2016, Finalis Lomba Penulisan Sejarah 2017, Juara Guru Berprestasi Tk Kota Yogyakarta 2018. Beliau bisa dihubungi melalui email: rone1969@gmad.com. 


Berminat?? Silakan langsung hubungi penulisnya di WA : Chat Irwan Via WhatsApp


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)