MGMP Fisika Kulakan Ilmu Bidang Tekonologi Informasi

Fisika Mantap
0


Dr. Moh. Toifur, M.Si dan Ketua MGMP Fisika MA DIY Warjo, M.Pd.

MGMP Fisika MA DIY pada Kamis, 26 Januari 2023 bertempat di laboratorium fisika MAN 1 Yogyakarta kulakan ilmu tentang pemberdayaan penerapan Teknologi Informasi sebagai pendukung pembelajaran, menyiapkan peserta didik siap hadapi era digitalisasi, era 5.0. Kegiatan dipandu ketua MGMP Fisika MA DIY, Warjo, S.Pd, M.Pd

Para doktor, pengajar Pasca Sarjana Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan hadir sebagai narasumber. Dr. Moh. Toifur, M.Si, Ketua Prodi Pasca Sarjana Pendidikan Fisika UAD. Thoifur saat mengawali materi sebagai narasumber, menyampaikan S2 Pend. Fisika UAD terakreditasi Unggul. Dengan akreditasi yang telah diraih, sangat layak untuk dijadikan pilihan melanjutkan studi S2. Awal Maret mulai penerimaan Mahasiswa S2 Pendidikan Fisika UAD. Tanpa matrikulasi, telah lama menjadi mitra, dengan berbagai kegiatan yang menggandeng Pasca Fisika UAD. 

Dr. Ishafit, M.Si

Dr. Ishafit, M.Si, Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan UAD menyampaikan materi tentang remote Laboratory dalam Pembelajaran dan Penelitian di Pendidikan Fisika. Inovasi pembelajaran dengan pemberdayaan teknologi informasi, peserta didik dalam melakukan eksperimen dari mana saja, kapan saja dan dimana saja. 

Lebih lanjut Ishafit menegaskan dengan melakukan inovasi-inovasi pembelajaran, guru melakukan penelitian-penelitian tindakan kelas, untuk memenuhi tiga tugas utama pendidik antara lain, membimbing peserta didik menguasai pengetahuan (teaching), menguasai ketrampilan (training), dan memahami kehidupan (educating).





Pentingnya membangun Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian. Asas keadilan untuk peserta didik dituntut untuk dapat dilakukan. Hal ini dapat dipenuhi dengan pembelajarn diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi sebagai cikal bakal Kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini ditegaskan Ishafit sebelum memberikan materi inti. Guru MA fisika DIY mengikuti dengan antusias.


Ishafit mengajak guru fisika MA DIY menambah banyak sumber informasi tentang model, metode pembelajaran fisika melalui PhysPort. Di PhysPort tidak hanya model, metode, strategi pembelajaran namun berbagai penelitian internasional, konsep dan seluk beluk tentang fisika.






Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)