About Me

header ads

Pemberian Reward Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dan peserta didik haruslah memiliki hubungan yang baik dan guru harus mendukung upaya pencapaian peserta didik tersebut. Guru bisa berinovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih efisien dan menyenangkan serta terus memotivasi peserta didik agar terus bersemangat belajar. Salah satu bentuk agar semangat belajar peserta didik terus menggelora adalah dengan cara pemberian reward dalam pembelajaran. Tujuan pemberian reward menurut Ngalim Purwanto (2002:182) adalah untuk mendidik dan membuat peserta didik senang atas perbuatan atau pekerjaaan yang dilakukan. 

Terlebih dalam pembelajaran fisika yang sebagaian besar dianggap oleh peserta didik merupakan mata pelajaran yang sulit dan menyebalkan. Maka dalam hal ini, guru fisika harus berinovasi agar dalam pembelajaran fisika menyenangkan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian reward berupa makanan dalam pembelajaran fisika seperti yang dilakukan oleh guru Fisika MAN 2 Bantul, Iksan Taufik H. 

Dalam pembelajarannya, dia memberikan sebungkus makanan bagi peserta didik yang mau maju menuliskan jawaban atas suatu pertanyaan pada meteri Gaya magnetik (Gaya Lorentz) yaitu menentukan arah gaya Lorentz.

Sebenarnya pemberian reward bagi peserta didik bisa berbagai macam diantaranya:

1. Penghargaan, bisa berupa piagam atau sertifikat.

2. Peringkat

3. Hadiah berupa kegiatan. Berupa kegiatan yang positif bisa dalam bentuk jalan-jalan ke museum

4. Hadiah berupa benda, bisa alat tulis, tas dll.

5. Pemberian Nilai

6. Ucapan selamat. mungkin ini dianggap sepele tapi bisa menjadi dampak yang luar biasa

7. Makan-makan. 

itulah beberapa hal yang yang bisa dilakukan oleh guru dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan. Pemberian reward bukan hanya meningkatkan motivasi peserta didik tetapi juga bisa memacu peserta didik dalam meningkatkan kompetisi setiap peserta didik serta dalam menciptakan hubungan baik antara guru dan peserta didik. (ith)







Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar