About Me

header ads

Webinar Dua Hari, MGMP Fisika MA DIY Timba Ilmu Dari FITK UIN Sunan Kalijaga


 







Yogyakarta (MGMP Fisika MA DIY) – Masa darurat akibat pandemi Covid-19 bukan merupakan halangan bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Madrasah Aliyah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melanjutkan program utama pengembangan diri guru. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, para guru menggunakan hari MGMP yaitu Kamis untuk menimba ilmu pembelajaran Fisika dengan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketua MGMP Fisika Edy Purwanto, M.Pd,Si menjadi promotor utama terselenggaranya webinar tersebut dengan menjalin kerjasama permanen dengan Kaprodi Pendidikan Fisika Drs. Nur Untoro, M.Si. didampingi Sekprodi Dr. Winarti, M.Pd.Si. Hari pertama transfer ilmu dilakukan pada Kamis (7/1/2021) dengan materi utama penerapan aplikasi android berupa kalkultor yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran Fisika hitungan dalam pelajaran online. Materi dan praktik penggunaan kalkulator ini disampaikan langsung oleh Kaprodi.






Sejumlah 30 guru Fisika MA negeri maupun swasta seantero DIY antusias mengikuti pertemuan di dunia maya ini dan merasa senang dengan perjumpaan mereka yang sudah lama tak teralisir akibat situasi darurat Corona itu. Hari kedua webinar juga berlangsung di hari MGMP Kamis (14/1/2021) dengan pemateri utama Rahmat Resmiyanto, M.Sc. menyampaikan penerapan Phet dalam Virtual Praktikum Fisika. “Kami merasa senang dengan kerjasama ini sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru Fisika di bidangnya yaitu pembelajaran Fisika,” tutur Edy. (edp)

Posting Komentar

0 Komentar