About Me

header ads

Bersama UIN Sunan Kalijaga, Para Guru Fisika MA DIY Dapatkan Ilmu Virtual Praktikum

 

Yogyakarta (MGMP Fisika MA DIY) – Masa darurat Covid-19 diwarnai kegiatan-kegiatan yang bersifat online. Di semua sisi dinamika kehidupan manusia di seluruh dunia sebagian besar menggunakan fasilitas dunia maya untuk memutar roda kehidupan yang sudah berubah tidak normal. Di dunia pendidikan hampir semua kegiatan pembelajaran menggunakan aktivitas online yang disebut pembelajaran jarak jauh. Namun dalam hal pembelajaran keterampilan atau praktikum, sulit untuk menggunakan model pembelajaran daring yang biasa dipakai.



Kenyataan itu memunculkan inspirasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika (MGMP Fisika) Madrasah Aliyah Daerah Istimewa Yogyakarta (MA DIY) yang notabene harus melakukan kegiatan praktikum dalam kegiatan pembelajaran. Inspirasi itu diwujudkan dalam sebuah kegiatan pelatihan online yang melibatkan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kerjasama yang dilakukan adalah melaksanakan webinar selama dua hari.

Hari pertama webinar pada Kamis (7/1/2021) memberikan materi aplikasi android dalam pembelajaran, sedang pada hari kedua Kamis (14/1/2021) materi yang diberikan adalah Virtual Praktikum Pembelajaran Fisika. Rahmat Resmiyanto, M.Sc bersama Dr. Winarti, M.Pd.SI. dipercaya menyampaikan materi ini dengan mengemukakan aplikasi Phet serta phypox. Ketua MGMP Fisika MA DIY Edy Purwanto, M.Pd.Si menyambut baik kegiatan ini sebagai realisasi kerjasama permanen pihaknya dengan UIN. “Dalam situasi darurat, Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu melaksanakan praktikum Fisika secara online,” tutur Edy. (edp)

Posting Komentar

1 Komentar