About Me

header ads

PEMBUATAN MASTER SOAL UJIAN MADRASAH

Ujian Madrasah (UM) merupakan kegiatan ujian akhir siswa madrasah sebagai implementasi dihapusnya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) oleh pemerintah. Kegiatan UM sudah selayaknya dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran siswa madrasah tingkat akhir. Penyusunan soal UM diserahkan kepada madrasahnya masing-masing, namun pihak Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bertindak sebagai pengendali mutu terhadap perangkat soal UM untuk masing-masing mata pelajaran.

Demikian yang dilakukan oleh MGMP Fisika MA DIY sebagai pengendali mutu penyusunan soal, menerbitkan master soal UM mapel Fisika untuk siswa madrasah aliyah DIY jurusan MIPA. Penuntasan master soal dilaksanakan oleh para punggawa MGMP Fisika yaitu Ketua MGMP Edy Purwanto, M.Pd.Si, Wakil Ketua MGMP Warjo, M.Pd. dan ahli penyusun soal Drs. Dulrohman Ary Yunanta pada Senin (10/2/2020) bertempat di ruang transit sekretariat MGMP Fisika MAN 3 Sleman. Memerlukan waktu setengah hari bagi ketiganya untuk memproduksi master soal.

Selanjutnya master soal akan diserahkan kepada K2MA DIY untuk didistribusikan ke semua madrasah aliyah kemudian diproduksi soal jadi oleh masing-masing madrasah. Ditanya komentarnya, Edy menandaskan bahwa dirinya sebagai Ketua MGMP telah membentuk Tim Akademik yang bertugas melaksanakan tugas-tugas akademik di MGMP diantaranya penyusunan master soal. “Selain menyusun master soal, Tim Akademik juga berencana menyusun bahan ajar Fisika untuk madrasah aliyah di DIY,” tuturnya. (edy purwanto)

Posting Komentar

0 Komentar