About Me

header ads

ISAAC NEWTON

llmuwan berkebangsaan lnggris yang lahir di kota Woolsthorpe pada tahun 1643 dan meninggal di London pada tahun 1727. la dikenal sebagai ahli matematika, fisika dan filsafat Temuannya yang terkenal antara lain hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, spektrum, .dan teleskop pantul. Bukunya yang terkenal adalah Principia dan Optika. 

Masa kecil Newton cukup menyedihkan. Ayahnya seorang petani meninggal beberapa bulan sebelum ia lahir. Ia sendiri lahir sebelum waktunya (prematur). la kemudian diasuh oleh neneknya. 

Pada umur 12 tahun Newton masuk sekolah King’s School di Grantham. Di sekolah ia sering diejek teman-temannya karena bodoh, pendiam. dan pemalu. Naman demikian, sifat keingintahuannya selalu lebih menonjol diantara teman-temannya. 

Ia menemukan hukum gravitasi Gravitasi Newton. Hukum  setelahsekian lama mengupas kejadian  buah apel jatuh. Ia pun berpikir mengapa jatuhnya selalu ke bawah, tidak ke samping? Temuannya ini membawanya menjadi ilmuwan besar pada zamannya. la pun diberi gelar kebangsawanan “Sir“ oleh Ratu Anne pada tahun 1705. Meskipun demikian, ia tetap merasa kecil, seperti yang pemah dinyatakan sebelum ia meninggal: "Aku ini hanya seperti anak saja yang main-main di tepi laut, yang telah menemukan batu halus dan kerang yang Iain dari biasanya, tetapi samudra kebenaran itu sendiri tetap tertutup bagiku.‘ (iksan)

Sumber: Kamus Fisika Bergambar 

Posting Komentar

0 Komentar