About Me

header ads

Upaya Ketua MGMP Fisika MA DIY Meraih Anugerah ASN Inspiratif

Yogyakarta (MGMP Fisika MA DIY) – Upaya seseorang mengikuti kegiatan yang positif tidak ada yang salah. Seperti yang dilakukan oleh Ketua MGMP Fisika MA DIY Edy Purwanto, S.Pd, M.Pd.Si yang mencoba berprtisipasi dalam pemilihan ASN Inspiratif tahun 2020. 

Pada Selasa (8/9/2020), orang nomor satu di MGMP Fisika MA DIY itu mulai melaunching keikutsertaannya melalui media sosial. Partisipasinya mengikuti seleksi dipromotori oleh madrasah tempat tugasnya yaitu MAN 2 Bantul. Edy lahir di Bantul pada 13 Februsri 1973, kiprahnya di dunia publikasi dimulai tahun 2013 dengan mendapat kesempatan menjadi kontributor berita di humas Kanwil Kemenag DIY dan mulai tahun itu terus mendominasi pembuatan berita di website kemenag DIY, puncaknya pada tahun 2015 dipercaya menjadi editor video dan berita dalam rangka penyambutan menteri agama dan pada tahun 2016 berhasil meraih publikasi award berdasar kriteria penulis berita terbanyak atas nama MAN Lab UIN Yogyakarta. 

Tahun 2014 berhasil menduduki rangking 1 dalam seleksi calon kepala madrasah yang diselenggarakan oleh Dikmad Kanwil Kemenag DIY, namun sesudah itu ada regulasi sehingga belum dilantik menjadi kepala madrasah. Sejak tahun 2014 dipercaya menjadi koordinator OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan KSM(kompetisi Sains Madrasah) MAN Lab UIN (MAN 4 Bantul) dan selalu mentradisikan lolos di OSN propinsi dan KSM propinsi bahkan nasional tahun 2012 dan 2019. 

Tahun 2015 lulus pada program pasca sarjana prodi Pendidikan Fisika di universityas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan secara terus menerus menjadi konsultan penelitian mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Pendidikan Fisika fakultas Saintek. 

Tahun 2016 terpilih menjadi ketua MGMP Fisika MA DIY sampai periode 2019 dan berhasil membuat program unggulan yaitu bekerjasama permanen dengan UNY dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta mentradisikan publikasi ilmiah. 

Tahun 2017 menjadi Ketua Tim Lomba sekaligus Pembina Upacara atas nama MAN 4 Bantul dan berhasil menjadi juara I Lomba Upacara antar SMA/SMK/MA tingkat Kab Bantul. Sebagai puncak prestasi MGMP Fisika, pada tahun 2017 terpilih menjadi MGMP di antara 25 MGMP di Indonesia yang mendapat dana hibah piloting PPKB 2017 dan diundang pada upacara HAB ke 72 Kemenag Jakarta dan secara pribadi dinobatkan sebagai guru teladan Kemenag tahun 2018 mendapat apresiasi langsung dari menteri agama. 

Di DIY, MGMP Fisika MA adalah satu-satunya MGMP madrasah yang terpilih dalam piloting PPKB Direktorat GTK Kemenag RI. Tindak lanjut PPKB dengan mengadakan diklat PTK Guru Fisika pada 24 s.d 27 Februari 2018. Bulan Februari 2018 terpilih menjadi pengurus Pergumapi (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis Indonesia) dan telah mengisi kuliah daring pergumapi pada 6 Februari 2018. Berdasarkan Keputusan Menkumham RI no AHU-000654.AH.011.07 tahun 2018 diSKkan menjadi Pengurus Pergumapi Pusat Seksi Diklat. Tahun 2019 menjadi nara sumber dan dosen tamu di Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga. Tahun 2020 tepatnya mulai 1 Februari 2020 mutasi ke MAN 2 Bantul dan langsung mewarnai berita website Kanwil Kemenag DIY dan website Mansaba MAN 2 Bantul. 

Buku-buku yang sudah ditulis diantaranya (1) Repertoar Perempuan, (2) Teropong Pendidikan Masa Kini, (3) Untuk Kita yang Sedang Berjuang, (4) Tuhan, Kita dan Covid, (5) Cermin Kehidupan, (6) Quotes Kebaikan, (7) Dear Teacher, (8) Satu Murid Berjuta Inspirasi, (9) Marahkah Tuhan, (10) Kisah Inspiratif Guru Fisika. Selama tahun 2020 sampai dengan bulan Agustus sudah menulis berita di MAN 2 Bantul sebanyak 320 berita yang dimuat di website Kemenag DIY dan website MAN 2 Bantul. Juga telah merintis acara TV Mandaba yang bertajuk Pendopo MAN 2 Bantul yang dipancarkan melalui channel youtube. (edp)

Posting Komentar

0 Komentar